HATI HATI PENIPUAN !!!

ada website/weblog yang mengatas namakan saya padahal bukan saya, kontak saya hanya di 0811300481, wa 085755222241, selain kontak tersebut bukanlah saya. terkadang mereka memberikan harga yg super murah, dibandingkan dengan harga normal, setelah transfer maka barang tidak akan pernah sampai...., contah website penipu tersebut adalah www.peternakanbebekdody.blogspot.com. jadi berhati hatilah...!!!

dody faizal

BUDIDAYA ITIK DILAHAN KERING


Pembuatan kandang

Lokasi kandang
· Angin dapat masuk sehingga terjadi
pertukaran udara, dan sinar matahari
mudah masuk ke dalam kandang
Tidak becek dan tanahnya padat/
berpasir. Ditinggikan untuk memudahkan
sistem pengeringan Jauh dari
keramaian dan lalu lalang orang/
kendaraan serta dekat sumber air.

Konstruksi kandang
· Kandang itik dibuat sistem ren
(hamburan), terdiri dari dua bagian
Bagian muka digunakan untuk tempat
itik bermain, makan dan minum
dengan ukuran 4 x 10 m, disekat
menjadi 5 bagian dengan ukuran 2 x 4
m, di sekelilingnya dibuat pagar
setinggi 1 m. Bagian belakang
digunakan untuk tempat itik tidur dan
bertelur dengan ukuran 3 x 10 m,
disekat menjadi 5 bagian dengan
ukuran 2 x 3 m. Di atap dan di
dinding rapat, kecuali dinding bagian
depan (menghadap ke tempat bermain)
dibagi dua, bagian alas diberi
jerajak sedangkan bagian bawah
selinggi 50 cm ditutup rapat dan
dibuat pintu. Lantai diberi serbuk
gergaji/cincang kayu (sekam)
Bibit
· Ciri umum bibit yang baik: mata
cerah dan bersinar, sehat dan lincah,
bulu bersih dan mengkilap, kaki
kokoh, sayap tersusun rapi di badan,
dan bentuk tubuh seperti botol.
· Jenis itik yang dipelihara yaitu itik
Pitalah umur 4-5 bulan sebanyak 100
ekor, 10 ekor jantan dan 90 ekor
betina, masing-masing petak diisi 20
ekor (2 jantan dan 18 betina)
Pemberian pakan
· Formula pakan yang digunakan 4 : 4 :
2 (dedak, jagung dan konsentrat),
diberikan sebanyak 150 g/ekor/hari
dalam bentuk bubur (dibasahi terlebih
dahulu).
Peluang Dampak
· Berpeluang besar diadopsi peternak
karena pemeliharaan itik secara
berpindah-pindah dan lepas sulit
dilakukan di pedesaan (padi sawah
sangat intensif, pemakaian insektisida
berlebihan, dan upah tenaga kerja
tinggi).
· Meningkatkan populasi dan produksi
telur itik di Sumbar.
Arti ekonomi dan sosial
· Itik mulai bertelur umur 5 bulan,
mencapai puncaknya pada umur 1
tahun setelah itu mulai mengalami
gugur bulu. Diperkirakan pada
pemeliharaan 2 lahun (730 hari)
berproduksi sebanyak 70%.
· Meningkatkan pemanfaatan tenaga
kerja wanita.

Sumber: BPTP Sumatera Barat

9 Response to "BUDIDAYA ITIK DILAHAN KERING"

  1. Unknown says:

    mas Dody..
    mas dody ada gak photo2 kandang sebagai contoh biar bisa dilihat..
    gini mas..
    sy mw nyoba usaha itik.. tapi sy bingung untuk kondisi t4 sy (Pontianak) yang kadang berair n kadang kering..
    dan juga kalau buah sawit bisa tidak dijadikan pakan itik n gimana meramunya...

    mas jenis itik yang mas jual jenis apa???

    heri says:

    mas tolong saya dikirimi gambar kandang yg baik dan benar menurut versi mas.tolong ya mas soalnya saya itu lebih gampang ngerti kalo ada gambarnya "MATUR SUWOON"

    Anonim says:

    mas, bisa dibantu untuk mendesain kandang dengan luas tanah 2 hektar..? (yang meliputi kandang kering dan kandang basah), rencananya saya akan buka di daerah riau. Trims. (iridium.tsumanto@yahoo.com)

    kelik says:

    mas Dody selamat siang aku7 Kelik dari gunungkidul boleh ngak aq minta contoh gambar kandanya ? aku rencana mau bikin kandang itik dan aku masih pemula.klo boleh tau juga klo mau ke tempat mas Dody itu enaknya lewat mana karena aq sementara ini ada di surabaya .rencana mau mapir ke tempat mas Dody.trim atas infonya

    Unknown says:

    Pak Dody saya kastemer anda dari palembang yang memesan dod itik saya agak kesulitan dalam memelihara itik selama starter umur 1 bulan kelihatannya banyak yang mati kena penyakit lumpuh, dan benjolan cairan di bawah mata tlng penjelasannya dan obat apa diberikan dan bagai mana pencegahan dininya

    harga bibit umur 1mgan brp ya?

    rudi widia handoko says:

    mas Dodi,,,saya pingin memulai usaha ternak itik didaerah Sumedang Jawa Barat,,yang ingin saya tanyakan berapa luas lahan yang ideal untuk ternak itik dan berapa modal awal yang dibutuhkan,,,
    berapa harga DOD/ekornya sampai ditempat,,,trus umur brapa minggu DODnya yang baik utk diternak,,,
    tolong infonya ya,,,,,terimakasih,,,,

    Unknown says:

    berapa harga bibit anak itik dan saya minta panduan budidaya itik potong ?

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan saran Dan pesan Anda " TIDAK BOLEH MENGANDUNG SARA dsb". Terimakasih.