HATI HATI PENIPUAN !!!

ada website/weblog yang mengatas namakan saya padahal bukan saya, kontak saya hanya di 0811300481, wa 085755222241, selain kontak tersebut bukanlah saya. terkadang mereka memberikan harga yg super murah, dibandingkan dengan harga normal, setelah transfer maka barang tidak akan pernah sampai...., contah website penipu tersebut adalah www.peternakanbebekdody.blogspot.com. jadi berhati hatilah...!!!

dody faizal

Tips Merawat Bebek Siap telur Untuk Peternak Pemula (bagian 2)


Oleh : Dody Faizal

Telah saya bahas untuk tips merawat bebek siap telur sebelumnya, karena kita ketahui bersama bahwa pakan mengambil peran yang sangat penting. Ini dikarenakan pakan selain untuk bertahan hidup bagi ternak, hal yang lebih penting lainnya adalah agar bebek bisa bertelur setiap hari sesuai dengan harapan kita semua. Adapun beberapa hal lain yang mendukung agar bebek siap telur bisa bertelur sesuai harapan kita, antara lain adalah :

Perawatan : disini perawatan dimaknai perlakuan kita (manusia ) terhadap hewan ternak, pada prinsipnya perlakuan kita terhadap hewan ternak haruslah hati- hati, dalam arti ternak tidak asal diberikan makanan trus ditinggal begitu saja, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah ketika kita memasuki kandang haruslah tidak boleh tergesa- gesa dan kasar, pelan- pelan saja, sehingga bebek tidak kaget dan berlari berhamburan kesana kemari, hal ini tentunya bisa membuat bebek stress. Hal lainnya adalah selalu memperhatikan perlakuan hewan ternak, ini memang perlu pengamatan berhari- hari dan berbulan- bulan untuk tahu perilaku hewan ternak itu sendiri, bagaimana membedakan bebek yang sakit dengan yang sehat, dan jika terdapat bebek yang sakit dalam satu kelompok bebek sehat, maka segera isolasi bebek sakit tersebut dan beri obat yang sudah tersedia di toko pakan ternak terdekat. Pada intinya hewan juga ingin nyaman seperti manusia, maka jangan terlalu sering masuk kandang jika tidak diperlukan, masuklah kandang pada saat memberi pakan dan mengambil telurnya. Perlakuan lainnya dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah jika dimusim hujan (jika kandang semi terbuka) , maka ternak harus dimasukkan kebagian yang beratap, pada intinya meskipun bebek merupakn hewan yang suka air, tetapi jika terjadi hujan jangan dibiarkan hewan tersebut terkena air hujan, dalam waktu yang bekepanjangan jika bebek dibiarkan terkena hujan maka dapat mengakibatkan rontok bulu, dan tidak bertelur.

Perkandangan : system perkandangan merupakan satu hal penting yang harus kita penuhi, asalkan memenuhi standart maka bebekpun bisa bertelur seperti harapan kita. Adapun kandang yang baik bagaimana?, semua ada dalam teori tentang cara merawat bebek, dan bisa juga sangat tergantung dengan modal yang kita punyai. Yang sangat perlu diperhatikan disini adalah kandang harus selalu dalam keadaan kering, meskipun kita ketahui bersama bahwa ada 2 sistem dalam beternak bebek, yaitu system kering dan system basah, meskipun system basah, maka kandang bertelur harus tetap kering, harus ada jarak antara tempat mandi dan minum dengan kandang tidur atau kandang bertelur, dan harus diperkirakan jika bebek tersebut setelah main air dan kembali kekandang tidur, maka air tidak sampai terbawa ke kandang tidur. Begitupun juga dengan system intensif (bebek hanya dalam satu lokasi saja tanpa ada dibedakan kandang tidur dan bermain), pemberian minum harus dibatasi, jangan sampai air tersebut dipakai untuk mandi, air hanya digunakan untuk sarana minum saja, dan sifatnya terbatas, artinya hanya kepala sampai leher saja yang bisa menjangkau keberadaan air minum tersebut, ini dengan maksud agar kandang selalu dalam keadaan kering. Jangan ada genangan air didalam kandang yang sifatnya tidak perlu, misalnya habis hujan lebat, ada air yang menggenang dalam areal kandang, maka hal ini segera di tangani dengan cara memberikan tambahan pasir atau meninggikan kawasan yang tergenang tersebut. Hal lainnya adalah usahakan selalu kandang tidur dalam keadaan tertutup rapat, jangan sampai ketika hujan angin terjadi maka kandang tidur kemasukan air hujan, ini akan berdampak terhadap ketidaknyamanan ternak.

1 Response to "Tips Merawat Bebek Siap telur Untuk Peternak Pemula (bagian 2)"

  1. Unknown says:

    bolehkah bebek menanjak bertelur dimandikan disungai

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan saran Dan pesan Anda " TIDAK BOLEH MENGANDUNG SARA dsb". Terimakasih.