HATI HATI PENIPUAN !!!

ada website/weblog yang mengatas namakan saya padahal bukan saya, kontak saya hanya di 0811300481, wa 085755222241, selain kontak tersebut bukanlah saya. terkadang mereka memberikan harga yg super murah, dibandingkan dengan harga normal, setelah transfer maka barang tidak akan pernah sampai...., contah website penipu tersebut adalah www.peternakanbebekdody.blogspot.com. jadi berhati hatilah...!!!

dody faizal

memelihara itik pada masa starter



posting by : Dody Faizal
itik ataupun jenis unggas lainnya pada masa starter memang membutuhkan penanganan khusus, karena seperti halnya manusia, pada masa bayi dia membutuhkan perhatian super khusus, dengan perhatian khusus ini diharapkan mampu menekan segala resiko yang akan datang dikemudian hari termasuk hal yang paling merugikan adalah resiko kematian. pada masa starter ini itik mengalami masa penyesuaian terhadap lingkungannya. beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam masa starter ini antara lain adalah :
1. pakan : pakan disini bisa berarti kualitas pakan maupun kuantitas pakan. untuk kualitas pakan pada masa starter ini kadar protein yang harus di asup oleh itik adalah minimal 20%, biasanya untuk meminimkan resiko kekurangan nutrisi para peternak tidak meracik pakannya sendiri melainkan membeli pakan jadi di poultry shop. untuk kuantitas atau jumlah pakan yang diberikan adalah meningkat dari hari ke hari, artinya setiap hari ada pertambahan jumlah pakan yang diberikan bisa mulai dari 1 kg per hari per 100 ekor dan seterusnya, untuk pakan dalam hal ini tidak boleh telat dalam pemberiannya karena pada masa ini pertumbuhan itik berjalan sangat pesat, sehingga untuk nutrisi yang masuk harus terpenuhi.
2. tempat makan dan minum: untuk masa starter ini tempat makan dan minumnya harus memenuhi standart tempat makan dan minum yang ada.
3. panjang lebar kandang: untuk populasi itik sampai dengan 14 hari per 100 ekor idealnya membutuhkan kandang sebesar 1 meter X 2 meter. karena jika terlalu padat perkembangan itik akan mengalami gangguan atau itik tidak normal perkembangan dan pertumbuhannya atau bisa dikatakan "kuntet".
4. lantai/alas kandang: kandang untuk usia starter yang direkomendasikan adalah kandang box panggung, jadi secara teknis kandang box panggung memiliki tinggi paling tidak 50 cm dari tanah, dan alas kandang terbuat dari ram- raman kawat yang mempunyai lubang tengah 1 cm, ini dimaksudkan kotoran biar bisa keluar dan tidak nyangkut di antara kawat.
5. suhu lingkungan sekitar: ini menjadi faktor penting dalam pemeliharaan itik pada masa starter, karena hal ini sangat penting untuk menentukan suhu ruang didalam kandang. jika pemeliharaan tersebut di daerah dataran tinggi maka untuk diperlukan pemanas kandang, jika di daerah dataran rendah, bisa cukup dengan diberikan lampu bolam dengan daya tidak terlalu tinggi.
6. ventilasi dan angin: pada daerah yang berangin kencang maka kandang bisa tertutup sepenuhnya, baik sisi kiri kanan dan atas, tentunya harus diberi sedikit ventilasi agar oksigen ruangan masih bisa mengcover seluruh ruangan.
keenam faktor tersebut penting dalam pemeliharaan masa starter, sedangkan untuk penjelasan lebih rinci saya akan jelaskan poin per poin dalam artikel berikutnya.

selamat beternak...

0 Response to "memelihara itik pada masa starter"

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan saran Dan pesan Anda " TIDAK BOLEH MENGANDUNG SARA dsb". Terimakasih.