HATI HATI PENIPUAN !!!

ada website/weblog yang mengatas namakan saya padahal bukan saya, kontak saya hanya di 0811300481, wa 085755222241, selain kontak tersebut bukanlah saya. terkadang mereka memberikan harga yg super murah, dibandingkan dengan harga normal, setelah transfer maka barang tidak akan pernah sampai...., contah website penipu tersebut adalah www.peternakanbebekdody.blogspot.com. jadi berhati hatilah...!!!

dody faizal

Tahun Kemenangan Peternak itik petelur, itik pedaging, penatasan itik, dan pedagang itik dan telur itik


oleh : Dody Faizal *

Bagi konsumen yang terbiasa mengkonsumsi telur itik, daging itik, akan merasa bahwa tahun ini harga seputar dunia itik atau bebek melambung tinggi, dan sangat tinggi, tercatat dalam sejarah dunia itik pada tahun ini (mulai bulan januari 2018) adalah harga yang paling tinggi diantara tahun tahun sebelumnya. tercatat bahwa pasaran harga daging itik hidup sudah menginjak kisaran 28 rb/kg, untuk wilayah surabaya dan sekitarnya (update per 27 Maret 2018), sedangkan untuk harga telur itik diwilayah surabaya dan sekitarnya (termasuk mojokerto) sudah tembus di kisaran 2200/butir untuk telur konsumsi, sedangkan untuk telur fertil (untuk ditetaskan) tembus dikisaran harga 2600/butir, untuk jenis lokal, praktis harga telur asin matang dikisaran 2500/butir ditingkatan pengecer, dan 3000/butir ditingkatan konsumen, bahkan diwarung warung bisa dikisaran 3500/butir.
hal ini juga sejalan dengan kondisi di penetasan, otomatis ketika harga daging itik, telur itik naik maka DOD (Day Old Duck), atau anak itik baru menetas juga mengalami kenaikan yang sangat tinggi, tercatat update harga per hari ini untuk DOD betina mencapai kisaran 9000/ekor. sedangkan jantan bisa mencapai 5000/ekor.
melihat kondisi tersebut bisa dibilang bahwa peternak, penetas, pedagang itik, telur itik mengalami kemenangan dalam usaha ini, keuntungan mereka pada saat ini bisa dibilang berlipat lipat dari sebelumnya, tetapi tahun kemenangan ini diraih bukan tanpa kesulitan sama sekali, melainkan harus melewati masa krisis di dunia perbebekan/itik ini selama hampir 2 tahun. bahkan banyak dari para peternak yang gulung tikar, dan tidak bisa melanjutkan usaha, sebagian yang masih bisa survive adalah mereka/ peternak yang mempunyai aset dan menjual asetnya untuk bertahan di dunia usaha perbebekan/peritikan. jika dinilai dengan rupiah kerugian mereka selama masa krisis sampai miliaran rupiah, bayangkan saja ketika harga telur mencapai 900/butir, jika populasi peternak adalah 5000 ekor, sedangkan biaya pakan per100 ekor mencapai 65 rb/hari. jadi untuk 5000 ekr biaya pakannya adalah Rp.3.250.000,- per hari. jika itik yang bertelur adalah 60% dari populasi maka penghasilan dari telur adalah Rp.2.700.000,- jadi untuk pakannya saja harus tekor Rp.550.000 per hari, itu belum dikurangi biaya gaji karyawan, biaya operasional, obat obatan, maintenance kandang dsb. maka dari itu banyak dari mereka yang gulung tikar disepanjang 2016 sampai 2017.
setelah melewati hambatan akibat pasar yang tidak berpihak pada peternak maka tahun 2018 bisa dibilang tahun kemenangan bagi peternak itik.

selamat beternak !!!

(*penulis adalah peternak bebek di desa brangkal kec sooko kab mojokerto jawa timur, sekaligus owner peternakan dody)

0 Response to "Tahun Kemenangan Peternak itik petelur, itik pedaging, penatasan itik, dan pedagang itik dan telur itik"

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan saran Dan pesan Anda " TIDAK BOLEH MENGANDUNG SARA dsb". Terimakasih.