HATI HATI PENIPUAN !!!

ada website/weblog yang mengatas namakan saya padahal bukan saya, kontak saya hanya di 0811300481, wa 085755222241, selain kontak tersebut bukanlah saya. terkadang mereka memberikan harga yg super murah, dibandingkan dengan harga normal, setelah transfer maka barang tidak akan pernah sampai...., contah website penipu tersebut adalah www.peternakanbebekdody.blogspot.com. jadi berhati hatilah...!!!

dody faizal

Hati- hati beli bebek siap telur


Penulis : Dody Faizal

Berinvestasi di sektor perunggasan terutama sub sektor bebek tidaklah salah, dalam hal ini malah penulis anjurkan, karena seperti saya kemukakan di artikel terdahulu bahwa ada beberapa kekuatan dari beternak bebek dari pada jenis unggas yang lainnya. Hal ini tentunya cukup beralasan mengapa bebek akhirnya menjadi pilihan bagi mereka yang ingin memulai tetapi bermodalkan minim atau mereka yang bermodal maximal berusaha untuk mengembangkannya. Pilihannyapun juga banyak, dari mulai usaha penetasan, bebek pedaging sampai dengan bebek siap telur. Khusus bebek siap telur akan saya ulas sedikit disini.
Disebut siap telur dikarenakan sudah atau mau menghadapi masa bertelur, biasanya bebek mulai bertelur umur 5,5 bulan lebih, bahkan ada yang mulai bertelur umur 6 bulan lebih, dan biasanya penjual bebek siap telur menjual bebeknya pada umur 5 bulan atau lebih ada yang 5 bulan lebih 1 minggu, 5,5 bulan, 6 bulan, bahkan ada yang menjual bebeknya pada 6 bulan lebih dan sudah mulai bertelur. Artinya yang disebut siap telurpun bisa diterjemahkan macam- macam. Dalam hal ini konsumen harusnya jeli melihat sangat variatifnya bebek siap telur, dan tentunya hal tersebut disertai dengan harga yang disesuaikan. Tentunya bebek yang udah mulai (mengawali) bertelur harganya paling tinggi dibandingkan dengan yang lebih muda, perhitungan sederhananya adalah jika jumlah hari atau minggu di kurskan dengan biaya pakan selama itu. Konsumen terkadang beranggapan mana yang lebih murah itu yang akan dibeli, tanpa peduli mengenai umur bebek tersebut, atau kurang berapa hari bebek tersebut bertelur, meskipun itu sekedar perkiraan. Mungkin harga lebih murah, tapi bebek tersebut masih muda, atau harga lebih tinggi tapi bebek tersebut sudah mulai bertelur, atau bebek tersebut benar- siap bertelur dalam hitungan hari, nah parameternya adalah pakan, jika pakan didaerah setempat murah, mungkin beli yang masih muda lebih menguntungkan.
Point penting lainnya adalah beli bebek umurnya harus seragam, artinya bebek yang dibeli tersebut adalah benar- benar dari bebek yang satu kelompok, agar nantinya jika sudah mulai bertelur maka tidak akan menunggu terlalu lama. beberapa penuturan mereka yang sudah beli bebek siap telur, merasa ditipu karena dari kelompok bebek tersebut di campur dengan bebek yang sudah tidak produktif lagi (afkir) atau dicampur dengan yang sudah bertelur tapi sudah mendekati masa afkir.
Sisi lain, hanya mereka yang benar- benar lama berkecimpung di dunia “perbebekan”, yang paham masalah bebek, tapi bagi mereka yang awam atau mau mengawali usaha bebek, harusnya meminta jaminan kepada pembeli terhadap adanya kemungkinan- kemungkinan yang tidak kita inginkan.

Selamat beternak………

1 Response to "Hati- hati beli bebek siap telur"

  1. Anonim says:

    kalau saya mau beternak bebek petelur
    berapa harga bebek yg siap betelur dan ongkos kirim ke jakarta....
    dan bs tdk kalau saya pesen itik nya sm anda

    bina_cicilia@yaho.com

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan saran Dan pesan Anda " TIDAK BOLEH MENGANDUNG SARA dsb". Terimakasih.