GARANSI !!!

Tidak hanya beli langsung putus !!!, setiap pembelian produk dari peternakan dody, kami memberikan service konsultasi gratis 24 jam, baik mengenai pakan, kandang, serta perawatan.

Sistem Basah Vs Sistem Kering pada Kandang Bebek


oleh : Dody Faizal

Sebelum memulai usaha peternakan bebek, tentunya hal yang pertama dilakukan adalah pembuatan kandang, karena kandang sangat menentukan keberlangsungan usaha peternakan bebek kedepan, apakah nantinya usaha tersebut untuk usaha bebek pedaging ataupun usaha bebek petelur. Pada prinsipnya adalah bagaimana mengusahakan itik/ bebek merasa nyaman di dalam kandang, karena kita ketahui bersama ada standarisasi dalam pembuatan kandang, atau dalam bahasa lain kandang yang memenuhi syarat salah satunya adalah kandang tersebut harus dalam keadaan kering, khususnya kandang untuk tempat istirahat bebek maupun kandang untuk tempat bertelur bebek. Hal ini juga berlaku untuk pemeliharaan bebek pedaging, jika kandang tempat istirahat bebek basah, atau becek, maka hal ini membuat tidak nyaman, sehingga bisa menghambat pertumbuhan bebek, ataupun mengurangi produktifitas telur yang dihasilkan.
Kandang yang akan kita buatpun masih mempunyai 2 pilihan, apakah pilihan dalam pembuatan kandang tersebut menggunakan system basah, atau bahkan kandang tersebut menggunakan system kering. Masing- masing system tersebut mempunyai keunggulan atau kekuatan masing- masing.
1. system basah mensyaratkan bahwa kandang tersebut harus ada tempat mandi untuk bebek, dengan kata lain bebek bisa bermain air setiap harinya, keunggulan pada system ini adalah kalau dengan tujuan pembudidayaan bebek petelur untuk ditetaskan maka system ini paling bagus, karena dengan adanya kolam air maka intensitas kawin lebih tinggi dibandingkan system basah. Selain itu kelebihan lainnya adalah bahwa system ini bagus digunakan agar pada saat musim hujan datang, produktifitas telur pada itik tidak menurun drastis.
2. system kering merupakan kebalikan dari system basah, dimana dalam kandang tersebut tidak ada kolam untuk mandi, air hanya untuk media air minum saja dan cuci kepala itik saja. Kelebihan dari system kering ini adalah bebek/itik dapat berproduksi secara optimal, karena energi yang diperoleh dari makanan sepenuhnya digunakan untuk memproduksi telur, selain itu kelebihan lainnya adalah bahwa system ini meminimalisir bau yang diakibatkan kotoran bebek. Selain itu system kering juga sangat menghemat lahan, daripada system basah yang harus ada alokasi lahan untuk mandi dan berenang itik.
Memilih system basah atu kering sepenuhnya tergantung kepada anda, karena masing- masing mempunyai kelebihan.

Selamat beternak……

4 Response to "Sistem Basah Vs Sistem Kering pada Kandang Bebek"

  1. terima kasih mas dody? atas sherenya...
    karena kebetulan saya juga baru mencoba ternak bebek, walaupun jumlahnya masih sedikit sekali.
    oya... apa dari semua artikel itu diambil dari pengalaman mas sendiri ya?
    saya juga mau minta tolong, saya pengen tau, ransum untuk bebek yang baik dan juga sangat ekonomis...
    swtheru@yahoo.com / heruemuach@gmail.com

    oya mas dody, saya mau tanya?
    apa singkong itu juga bisa buat campuran ramsum bebek? dan apakah baik?
    karena saya sering pakai itu untuk lebih mengirit katul karena lebih mahal katul!

    azzepblog says:

    kang...rencananya saya mau buka peternakan itik,,untuk tempat saya udah ada ,cuman yangg masih dalam persoalan,tempat tersebut tidak terlalu panas karena lokasinya dikebun,sehingga banyak pohon pohon,

    yang mau saya tanyakan adalah...kira kira beternak itik ditempat tersebut cocok apa ngga yah,,och iya,,rancananya saya pakai kandang kering..Tolong pencerahannya yah kang.......

    mas dody
    ak ketarik banget utk ternah bebek. soal lahan lumayan ada, kira2 100m an lah, plis tolomg dibuatkan bagan gambar kandangnya. trus kepadatannya yg ideal berapa ekor per m2
    makasih, tak tunggu di:mqyoto@gmail.com

Poskan Komentar

Silahkan Tinggalkan saran Dan pesan Anda " TIDAK BOLEH MENGANDUNG SARA dsb". Terimakasih.