HATI HATI PENIPUAN !!!

ada website/weblog yang mengatas namakan saya padahal bukan saya, kontak saya hanya di 0811300481, wa 085755222241, selain kontak tersebut bukanlah saya. terkadang mereka memberikan harga yg super murah, dibandingkan dengan harga normal, setelah transfer maka barang tidak akan pernah sampai...., contah website penipu tersebut adalah www.peternakanbebekdody.blogspot.com. jadi berhati hatilah...!!!

dody faizal

Mengenal Ciri Fisik itik


Oleh : Dody Faizal

Seringkali dalam memulai usaha peternakan itik kendala yang muncul adalah keterbatasan pengetahuan tentang produk yang akan dibeli, terlebih lagi jika memulai usaha itik petelur dari usia siap telur, karena definisi siap telur adalah dari umur 5 bulan sampai dengan bertelur awal sekitar 7 bulan. Jika kita tidak mengetahui ciri- ciri fisik pada itik yang kita beli, maka hal ini bisa berdampak terhadap kerugian dari pembeli. Ada 2 faktor yang menentukan keberhasilan usaha itik petelur yang dimulai siap telur, pertama ; itik yang kita beli adalah benar- benar itik yang cukup umur, factor kedua adalah pemberian pakan yang mengandung cukup gizi bagi si ternak, karena walaupun umur itik sudah mencapai 6 bulan tetapi jika pemberian pakan tidak memenuhi kadar kelayakan gizinya maka niscaya usia bertelurnya akan mundur lagi, karena dari akibat kekurangan gizi, maka itik tersebut kurus, dan ini akan menghambat kemampuan bertelur itik. Berikut ciri- ciri fisik itik dari usia 1 sampai dengan afkir :

tahap 1, usia 1 – 3 Hari, nama Meri,ciri fisik Berbulu Jarum
tahap 2,Usia 18 – 20 Hari, nama Klemapuk/ Tapel, ciri fisik Tumbuh Bulu Dada,
tahap 3, usia 30 – 40 Hari, nama Jemaret,ciri fisik Tumbuh bulu di Punggung,
tahap 4, usia 50 – 60 Hari, nama/istilah Kemambi,ciri fisi Dada Penuh tertutup Bulu,
tahap 5, 70 hari, nama/istilah Bulu jarum, ciri fisik sayap Mulai Ditumbuhi bulu,
tahap 6, 80 – 90 Hari, nama/ istilah Tup 1, mempunyai ciri fisik Dua ujung Bulu sayap bertemu,
tahap 7, umur 90 – 105 Hari, nama Gunting, ciri fisik Dua Ujung bulu sayap Bertemu
tahap 8, usia 110 hari, istilah Tup 2, ciri fisik Semua bulu kecil di dada dan punggung Rontok,
tahap 9, 120 hari, nama Alus,ciri fisik Selesai rontok bulu kecil- kecil,
tahap 10, usia 135 hari, nama/istilah Berag Ayu, ciri fisik Bulu sayap bagian dalam rontok,
tahap 11, usia 145 – 150 hari, istilah Remaja, ciri fisik Bulu Luar sayap yang sebelumnya mengkilap berubah menjadi kusam. Ujung bulu sayap bertemu kembali.itik bertelur 1-2 butir dari sekitar 100 ekor.
tahap 12, umur 205 – 220 hari, nama Tutas Maes, ciri fisik Bulu Kapuk di dada dan pantat rontok.Produktivitas telur mencapai 50%
tahap 13, umur 2,5 tahun, nama Apkir, ciri fisik Bulu Rontok Menyeluruh.

Sumber Data: Trubus No 372, Nop 2000

3 Response to "Mengenal Ciri Fisik itik"

  1. Assalamu'alaikum wr wb.
    Mas, punya data tentang harga pakan bebek terkini? Mohon di share jika punya.
    Terima Kasih

    mas terima kasih sekali info nya. hmm,, boleh tau tidak,pada tahap berapa si itik akan kehilangan bursa fabrisius nya?thx

    Unknown says:

    Ass mas dody, saya peternak itik pemula dari tangerang. saya mau bertanya:

    mas dody, saya baru beli bebek Dara(bayah) yg belajar bertelur tapi sampai sekarang dari 300 ekor cuma bertelur 25 dan sekarang sudah 2Bulan dari pertama saya beli. saya mohon pencerahan dari anda, bagai mana cara membedakan itik yg belajar bertelur( umur 6bulan), itik muda( antara 3- 5 bulan) dan itik tua( sudah pernah rontok bulu kali) ??

    untuk usia 145 – 150 hari, kalau selain melihat dari warna bulu yang kusam saya bs lihat dr ciri apa nya?

    saya mohon tanggapan anda selaku praktisi yang berpengalaman, karena saya tidak mau di bohongi lagi kalau membeli itik siap telur

    terimaksih atas jawaban nya

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan saran Dan pesan Anda " TIDAK BOLEH MENGANDUNG SARA dsb". Terimakasih.